Beranda > Uncategorized > Forum Nasional II: Jaringan Kebijakan Kesehatan Indonesia

Forum Nasional II: Jaringan Kebijakan Kesehatan Indonesia

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanudin dan
Fakultas Kedokteran UGM

bekerjasama dengan
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, BKKBN
AUSAID, IDRC, WHO

menyelenggarakan
Forum Nasional II: Jaringan Kebijakan Kesehatan Indonesia

Dari penetapan agenda ke
evaluasi kebijakan kesehatan

Studi kasus: Kebijakan BOK dan Jampersal
dan berbagai kebijakan kesehatan lainnya

28 – 30 (Rabu,Kamis, Jumat) September di Makassar

Pengantar
Dalam rangka mengembangkan kemampuan dalam penelitian kebijakan kesehatan serta untuk meningkatkan efektifitas pengambilan keputusan telah terbentuk Jaringan Kebijakan Kesehatan Indonesia. Jaringan ini merupakan jaringan informal yang dibentuk pada tahun 2010 di Jakarta, pada saat forum nasional I tentang kebijakan kesehatan. Pada tahun 2011, pertemuan nasional II akan diselenggarakan di Makassar pada akhir september 2011.

Jika diruntut sejarahnya, jaringan ini berasal dari kelompok peneliti dan pengambil kebijakan yang secara rutin bertemu setahun sekali untuk membahas pelaksanaan desentralisasi kesehatan sejak tahun 2002. Kegiatan kelompok ini didukung oleh website khusus www.desentralisasikesehatan.net dan mailing list desentralisasi kesehatan yang telah berusia 12 tahun, Pada tahun 2010, kelompok ini mengembangkan diri menjadi Jaringan Kebijakan Kesehatan. Website dan mailing list tersebut masih digunakan. Akan tetapi untuk pengembangan lebih lanjut telah dibangun website www.kebijakankesehatanindonesia.net yang menjadi penopang jaringan kebijakan kesehatan ini.

Tujuan Kegiatan

  1. Membahas berbagai penelitian kebijakan kesehatan terkini di Indonesia, dengan fokus pada pelaksanaan kebijakan Jampersal dan BOK.
  2. Mendiskusikan perkembangan keberpihakan dan ideologi kebijakan kesehatan di Indonesia
  3. Melakukan diskusi antara peneliti dan penetap keputusan (policy makers) tentang pertimbangan dalam memutuskan suatu kebijakan dan bagaimana memutuskan kebijakan tersebut
  4. Mendiskusikan metode penelitian di bidang kebijakan kesehatan, teknik penyampaian penelitian kebijakan, dan aspek etika publikasi hasil penelitian kebijakan kesehatan
  5. Mengembangkan jaringan kebijakan kesehatan di Indonesia.

Agenda Kegiatan

Hari pertama dan kedua pertemuan ini berfokus pada dialog kebijakan dengan mengacu pada sekuen mulai dari penetapan agenda kebijakan, pelaksanaan, sampai ke monitoring dan evaluasi. Sesi-sesi hari 1 akan berisi presentasi dari key note speakers mengenai berbagai aspek dalam penyusunan kebijakan. Hari pertama dan kedua akan membahas materi dari peneliti di bidang kebijakan kesehatan tentang hasil-hasil studi yang akan dikelompokkan berdasarkan tema penelitian. Hasil ini akan dibahas oleh pengambil kebijakan sesuai dengan bidang masing-masing.

Pada hari kedua, selain melanjutkan kegiatan seperti pada hari I, juga akan dilakukan diskusi dengan pembuat kebijakan (policy makers) tentang berbagai permasalahan dalam menyusun keputusan kebijakan dan monitoring kebijakan kesehatan, khususnya dalam BOK dan Jampersal. Diskusi akan di fokuskan pada bagaimana rekomendasi mengenao kebijakan BOK dan Jampersal.

Hari ketiga akan dikhususkan pada diskusi tentang metoda penelitian kebijakan kesehatan termasuk masalah ideologi dan keterpihakan peneliti di bidang kebijakan kesehatan (apakah kekiri-kirian atau kekanan-kananan dalam konteks hubungan peran pemerintah dan mekanisme pasar). Pada hari ketiga juga akan dilakukan diskusi aspek strategis dalam penelitian kebijakan kesehatan dan tentang bagaimana membuat report dan saran (policy brief) kepada policy maker tentang hasil evalusi/study sebuah kebijakan. Dengan komposisi isi ini terlihat bahwa hari ketiga memang fokus pada para peneliti kebijakan kesehatan.

Kategori:Uncategorized
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: